Pulau Seribu Penduduk adalah Pulau yang merupakan tempat tinggal bagi Masyarakat Kepulauan Seribu. Pulau Penduduk itu antara lain adalah Pulau Tidung, Pramuka, Pari, Kelapa & Pulau Harapan. Selain tersedia wahana untuk wisatawan, di pulau-pulau ini terdapat Sekolah-sekolah dari mulai tinggat SD bahkan ada yang sampai tingkat SMA. Untuk mengunjungi pulau ini anda bisa menggunakan Speed Boat dari Ancol atau Kapal Feri Tradisional dari Kali Adem ( Muara Angke).

Lalu Pulau manakah Pulau Seribu terbaik untuk para traveler pencinta laut? Berikut Admin berikan ulasan sedikit mengenai Pulau-pulau Penduduk.

Pulau Tidung ( Jarak tempuh 1 jam dari Marina Ancol & 2.5 Jam dari Pelabuhan Kali Adem)

Pulau Tidung

Pulau Tidung

Pulau Tidung merupakan Pulau penduduk yang terkenal dengan mitos Jembatan Cintanya dari jaman dulu. Jembatan Cinta merupakan keunggulan Pulau Tidung yang menjadi daya tarik bagi Wisatawan. Selain Jembatan Cinta, pulau ini juga memiliki fasilitas penginapan yang lebih baik di bandingkan pulau penduduk lainnya. Karena selain homestay AC tepi pantai, Pulau ini juga memiliki beberapa cottage yaitu Puri Tidung bahkan hotel yaitu Hotel Nirwana dengan fasilitas Hot Shower di room VIP. Salah satu kekurangan Pulau ini yaitu pasir di pantainya tidak terlalu landai & masih banyak karang.

Pulau Pari ( Jarak tempuh 45 menit dari Marina Ancol & 2 Jam dari Pelabuhan Kali Adem)

Pulau Pari

Pulau Pari

Sama Halnya dengan Pulau Tidung. Pulau Pari juga memiliki icon yang menarik wisatawan untuk mengunjungi pulau ini. Pulau Pari memiliki ‘Pantai Pasir Perawan’ atau disebut juga sebagai Virgin Beach. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang luas dan landai di lengkapi dengan gajebo & juga lapangan voli. Salah satu kekurangan pulau ini yaitu dalam hal penginapan hanya tersedia Homestay AC  belum tersedia Cottage atau Hotel seperti di Pulau Tidung & Pramuka.

Pulau Pramuka (Jarak tempuh 1 jam dari Marina Ancol & 2.5 Jam dari Kali Adem)

Pulau Pramuka

Pulau Pramuka

Pulau Pramuka adalah Pulau yang terkenal dengan penakaran penyu-penyu yang masih bayi. Selain homestay AC, Pulau ini juga memiliki cottage yaitu Cottage Delima. Salah satu kekurangan Pulau ini yaitu tidak memiliki pantai yang begitu landai.

Pulau Harapan (Jarak tempuh 1,5 jam dari Marina Ancol & 3-4 Jam dari Kali Adem)

Pulau Harapan

Pulau Harapan

Pulau Harapan merupakan pulau penduduk terjauh yang di buka untuk para wisatawan. Pulau ini nyaris tidak memiliki pantai & penginapan yang tersedia hanya Homestay AC dan non AC. Pulau ini tampak biasa-biasa saja, namun sangat cocok untuk anda pecinta laut karena ketika anda mengambil paket pulau harapan, anda akan di bawa jalan-jalan atau hoping island dengan kapal tradisional  ke pulau atas seperti pulau perak yang memiliki hamparan pasir yang landai. Pulau ini juga menawarkan spot snorkeling terbaik bagi anda pecinta olah raga air.